Rayap merupakan jenis serangga yang dikenal luas sebagai hama yang hidup secara berkoloni. Serangga jenis ini biasanya bersarang di dalam kayu, rayap juga memakan kayu perabotan atau kerangka rumah yang mengakibatkan timbulnya banyak kerugian secara ekonomi. Sering kali anda merasa kesal karena ulah rayap yang menyerang kerangka rumah atau perabot dari kayu seperti lemari dan yang lainnya. Walaupun begitu, tetap ada cara mengatasi rayap-rayap tersebut agar tidak meyerang rumah anda lagi. Simak informasi di bawah ini mengenai apa saja tips membasmi rayap yang ampuh.

Sebagai salah satu hama, rayap dapat merusak berbagai aset berharga yang anda miliki di rumah, apabila anda tidak menjaganya dengan baik. Rayap juga memungkinkan untuk menyerang dokumen, pondasi rumahan, tumbuhan atau benda-benda yang lembab. Oleh sebab itu pastikan anda menyimpan dokumen-dokumen pribadi anda yang dianggap penting ke tempat penyimpanan yang lebih aman. Tujuannya agar apabila suatu saat perabot anda mendapat serangan dari rayap, dokumen penting tersebut tetap aman.

Apabila anda membangun atau membeli sebuah rumah, pastikan kayu yang digunakan sebagai pondasi rumah masih baru dan tidak lapuk. Karena jika kayu-kayu tersebut masih baru, kecil kemungkinan mendapat serangan rayap dalam waktu dekat. Pilihlah rumah murah di Serang yang menawarkan bangunan yang sudah dilengkapi dengan cat pelapis anti bocor, agar pada saat musim hujan tiba tidak membasahi pondasi kayu anda. Apabila kayu-kayu tersebut sering terkena air, maka akan cepat lembab dan mudang di serang rayap.

Tips membasmi rayap, Sumber : blog.kliknclean.com
Tips membasmi rayap, Sumber : blog.kliknclean.com

Cara Mengatasi Serangan Rayap

Ada beberapa tips membasmi rayap di bawah ini yang dapat anda lakukan di rumah, agar rayap-rayap tidak bersarang lagi di perabotan kayu anda. Khususnya pada lemari pakaian yang anda gunakan untuk menyimpan pakaian maupun dokumen penting lainnya.

1. Pastikan Rumah Terdapat Ventilasi

Hal pertama yang harus anda pastikan adalah anda memiliki ventilasi rumah yang cukup untuk pertukaran udara. Seperti yang anda ketahui fungsi dari ventilasi adalah untuk mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan agar tidak lembab, sehingga dapat menghindarkan anda dari jamur-jamur dan bakteri yang berbahaya. Apabila ruangan yang ada di dalam rumah anda terlalu lembab, maka hal tersebut akan berdampak pada gangguan kesehatan anda beserta keluarga. Dengan kelembaban serta suhu udara yang sesuai, akan membuat ruangan anda terasa segar dan memiliki nuansa yang asri sepanjang hari.

Selain itu juga akan menghindari terjadinya serangan rayap yang menggerogoti bagian pondasi kayu dan perabotan dari kayu lainnya. Tujuannya agar sinar matahari dapat masuk dengan sempurna ke dalam rumah anda, dan membuat perabotan kayu anda aman dari rayap-rayap yang menyebalkan tersebut.

Ventilasi rumah, Sumber : sukabumiupdate.com
Ventilasi rumah, Sumber : sukabumiupdate.com

2. Menjemur Perabot Kayu

Tips yang ampuh mengatasi rayap selanjutnya adalah dengan menjemur perabot kayu anda di bawah sinar matahari. Alasannya Karena rayap merupakan jenis serangga yang suka dengan udara yang lembab serta gelap, oleh sebab itu perlu untuk menjemur perabot kayu anda di bawah sinar matahari langsung. Untuk menghindari rayap-rayap datang kembali, disarankan agar anda menjemur perabotan tersebut secara rutin dan berkala. Supaya perabot kayu anda tetap terjaga kelembabannya, sehingga tidak mudah diserang koloni rayap lagi.

Sinar matahari, Sumber : id.wikipedia.org
Sinar matahari, Sumber : id.wikipedia.org

3. Menggunakan Jebakan Kardus

Untuk tips berikutnya ialah dengan menggunakan jebakan kardus, anda dapat menggunakan kardus-kardus bekas yang sudah tidak digunakan untuk mengatasi rayap-rayap tersebut. Caranya cukup mudah, anda dapat membasahi kardus-kardus bekas tersebut dan memberinya air agar kardus basah. Namun jangan menggunakan air yang terlalu banyak ya, tujuannya agar tekstur dari kardus tidak rusak.

Setelah proses membasahi kardus-kardus tersebut selesai, kemudian letakkan kardus yang telah anda basahi tadi ke tempat atau titik lokasi dari sarang rayap yang menyerang perabotan anda. Tunggulah sampai beberapa saat, hingga rayap-rayap yang berada di perabotan kayu anda pindah ke kardus yang telah anda siapkan untuk jebakan tadi.

Menggunakan jebakan kardus, Sumber : bandarkardus.com
Menggunakan jebakan kardus, Sumber : bandarkardus.com

4. Menggunakan Larutan Garam

Tips berikutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan larutan garam. Cara menggunakannya juga sangat mudah, anda hanya cukup melarutkan garam dapur ke dalam air. Lalu siapkan semangkuk garam dan tambahkan setengah liter air, kemudian campurkan keduanya agar garam larut dalam air.

Setelah selesai membuat larutan garam tersebut, pindahkan larutan ke dalam botol atau wadah semprotan. Barulah anda mulai menyemprotkan larutan tersebut ke rayap-rayap yang bersarang di kayu-kayu rumah anda secara merata dan menyeluruh, pastikan anda mengenai tubuh rayap-rayap tersebut.

Larutan garam, Sumber : merdeka.com
Larutan garam, Sumber : merdeka.com

5. Menggunakan Kapur Sirih

Cara selanjutnya ialah dengan menggunakan cairan dari kapur sirih. Ternyata kapur sirih telah dipercaya sejak lama sebagai bahan alami yang ampuh untuk mengatasi rayap yang menyerang perabotan kayu anda. Di dalam kandungannya kapur sirih memiliki sifat yang panas, oleh sebab itu pada saat rayap-rayap tersebut terkena kapur sirih akan langsung mati. Untuk cara penggunaannya juga sama dengan larutan garam, anda cukup melarutkan kapur sirih dengan air hingga warnanya putih pekat. Kemudian anda dapat memindahkannya pada botol semprotan, lalu mulai menyemprotnya ke rayap-rayap tersebut.

Kapur sirih, Sumber : orami.co.id
Kapur sirih, Sumber : orami.co.id

6. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus memiliki wangi yang tidak disukai oleh serangga khususnya rayap. Oleh sebab itu dengan menggunakan kapur barus ini diyakini dapat mengatasi masalah rayap ini. Untuk menggunakan kapur barus ini cukup mudah, anda tinggal meletakkannya di sudut-sudut lemari atau perabot kayu yang lain secara utuh atau apabila anda ingin dihancurkan sehingga menjadi bubuk juga bisa. Selain efektif mengatasi rayap, kapur barus juga sangat mudah dijumpai di pasaran dan memiliki harga cukup terjangkau.

Kapur barus, Sumber : kompas.com
Kapur barus, Sumber : kompas.com

7. Menggunakan Jasa Pembasmi Rayap

Cara yang satu ini merupakan tips yang paling praktis untuk membasmi rayap-rayap yang menyerang rumah anda. Apabila anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengatasi masalah-masalah rayap tersebut sendirian, maka ada alternatif lain untuk mengatasi rayap tanpa harus menyita waktu yakni dengan menggunakan jasa pembasmi rayap. Dengan menggunakan jasa ini, akan dicek ke semua tempat yang berkemungkinan besar menjadi sarang rayap. Sehingga rumah anda akan terbebas dari rayap secara keseluruhan.

Ilustrasi jasa basmi rayap, Sumber : vectorstock.com
Ilustrasi jasa basmi rayap, Sumber : vectorstock.com

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips membasmi rayap yang ampuh. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan. Anda juga dapat menyimak artikel lain seputar tips merenovasi rumah atau informasi lainnya yang dapat anda akses di laman website Graha Dalung Residence.