Rumah minimalis adalah pilihan yang tepat untuk siapa saja yang menyukai bangunan simpel namun elegan. Model rumah minimalis memang mendukung gaya hidup yang hemat, mudah dan tetap produktif. Apalagi memang ketersediaan lahan dan kepadatan untuk daerah tertentu memang sudah mulai sedikit. Seperti rumah subsidi Serang dengan pilihan tipe rumah minimalisnya yang bisa Anda pilih.

Namun jangan keliru, rumah minimalis tidak berarti kecil dan sempit apalagi seadanya. Banyak juga bangunan yang luas dan besar didesain minimalis. Jadi, minimalis lebih kepada gaya atau style yang bisa diterapkan untuk berbagai hal yang besar termasuk hal yang kecil atau terbatas seperti bangunan dengan ketersediaan lahan yang tidak luas.

Mengenal Prinsip Minimalis

Rumah Minimalis yang Besar, sumber : Hidup Simpel
Rumah Minimalis yang Besar, sumber : Hidup Simpel

Bagi sebagian orang, memiliki tempat tinggal yang besar mungkin tidak selalu menjadi impiannya. Ada yang memiliki prinsip efisien dalam hidupnya sehingga model rumah minimalis lebih sesuai dengan prinsip ini. Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah mulai melirik model model rumah minimalis?

Akan lebih baik untuk mengetahui bagaimana sebenarnya prinsip minimalis ini melahirkan model rumah dengan berbagai manfaatnya. Karena minimalis sebenarnya prinsip yang bisa diterapkan dimana saja. Nah, apa saja yang menjadi ciri khas model rumah minimalis?

Ekonomis

Jika Anda memiliki sejumlah uang yang melebihi harga-harga rumah bahkan dapat menjangkau untuk membeli rumah yang besar, apa yang akan Anda lakukan? Sebagaian mungkin akan membeli rumah yang besar karena menganggap mampu. Namun jika prisipnya minimalis akan berbeda.

Meskipun memiliki budget yang cukup untuk memiliki rumah yang besar, Anda masih mempertimbangkan apakah kebutuhan akan tempat tinggal mengharuskan kita memiliki rumah yang besar? Inilah yang dapat dikatakan prinsip minimalis. Mengeluarkan budget sesuai apa yng dibutuhkan. Rumah dengan desain minimalis ataupun sederhana hanya membutuhkan biaya mulai dari merancang, merawat, dan membangun yang biasanya lebih ekonomis dibandingkan rumah besar.

Efektif dan Efisien

Apakah bangunan harus seluas mungkin atau selebar mungkin memanfaatkan luas tanah hingga ke batasnya? Jika menggunakan prinsip minimalis tentu tidak demikian. Prinsip minimalis akan membuat perencanaan sehingga semuanya akan sesuai dengan kebutuhan, tidak lebih dan tidak kurang.

Jumlah ruangan yang dibuat, maka akan semuanya sesuai dengan kebutuhan pakainya. Luas ruangan juga demikian, akan cukup untuk menampung seluruh kebutuhan namun tidak sampai ada space kosong yang tidak terpakai begitu saja. Nah, inilah yang menjadikan lebih efektif dan efisien.

Fleksibel

Dengan model perencanaan minimalis, biasanya apapun termasuk bangunan rumah tidak akan dibuat permanen. Tetapi bangunan rumah akan direncanakan sesuai dengan kebutuhan. Karena kebutuhan setiap orang pasti akan berbeda. Nah, inilah yang dimaksud dengan fleksibel.

Ilustrasi Menabung Untuk Membeli Rumah, sumber : Gulf News
Ilustrasi Menabung Untuk Membeli Rumah, sumber : Gulf News

Bisa saja, pasangan yang baru menikah misalnya, mempertimbangkan untuk membangun rumah dengan rencana mereka memiliki anak. Setelah melebihi jangkauan karena anggota keluarga yang bertambah, maka rumah masih bisa dikembangkan atau dijadikan sebagai properti yang disewakan bahkan dijual sehingga dapat memberikan keuntungan lebih dari sekedar pernah menjadi tempat tinggal.

Terjangkau

Membangun rumah model minimalis memungkinkan Anda untuk mengeluarkan biaya hanya sesuai kebutuhan Anda. Prinsip minimalis memang memang bertolak belakang dengan prinsip hidup mewah yang terkadang menjadikan pengeluaran diluar kebutuhan seperti pengeluaran untuk hobi atau hiburan.

Mudah

Banyaknya barang yang dimiliki atau dalam hal ini besarnya rumah yang dimiliki tentu akan berkonsekuensi pada besarnya kebutuhan operasional. Atau paling tidak besarnya tanggung jawab untuk merawat bangunannya. Sebaliknya, dengan gaya hidup minimalis, model rumah minimalis akan menjadikan hidup sehari-hari lebih mudah karenan efisien dan ekonomis.

Memilih Model Rumah Minimalis

Sesudah mengenal prinsip minimalis akhirnya kita mengerti bahwa minimalis bukan berarti sederhana dan kecil. Nah, jika kita harus mencari model rumah minimalis, apa saja yang pokok untuk menjadi pertimbangan? Simak informasi dibawah ini.

Desain Menarik

Penting dipahami, konsep hunian minimalis adalah rumah sederhana. Meskipun sederhana, namun tampilan juga salah satu yang harus jadi pertimbangan. Menempati hunian dengan tampilan menarik tentu akan memberikan kesan yang baik dan percaya diri.

Rumah Minimalis, sumber : Rumah Kak Jang
Rumah Minimalis, sumber : Rumah Kak Jang

Nyaman

Kenyamanan adalah hal penting dalam memilih hunian. Setelah desain bangunan yang mendukung kenyamanan tinggal, suasana yang nyaman juga perlu jadi pertimbangan. Misalnya kondisi lingkungan yang segar, lalu lintas yang bersih dan polusi suara yang relatif tenang.

Strategis

Dalam rencana jangka panjang saat menghuni rumah, apa saja yang mungkin dilakukan? Misalkan Anda merencanakan memiliki hunian dengan jangkauan mudah ke tempat kerja. Maka, carilah lokasi yang strategis. Selain itu juga kebutuhan akses menuju ke Rumah Sakit, pusat perbelanjaan, sekolah serta transportasi umum.

Harga yang Cocok

Biasanya tidak ada yang 100% benar-benar memenuhi kriteria yang ideal. Hal ini wajar karena memang tidak ada yang sempurna. Namun, dari berbagai patokan model rumah minimalis yang akan Anda huni, mana yang paling lengkap dengan kebutuhan Anda dan paling cocok dengan harga yang ditawarkan. Hal ini perlu menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan.

Fasilitas Lengkap

Fasilitas hunian menjadi salah satu faktor pendukung kenyamanan. Kendati konsepnya minimalis, namun fasilitas rumah harus lengkap. Rumah harus memiliki ruang tamu, kamar tidur, WC/toilet, dapur, air/sumur, taman, garasi, listrik dan fasilitas vital lainnya. Kelengkapan fasilitas akan berpengaruh pada faktor lainnya.

Nah, itulah berbagai informasi untuk lebih mengenal konsep rumah minimalis serta kriterian yang bisa dijadikan pedoman untuk membeli rumah. Semoga informasi ini dapat memberikan referensi yang mudah bagi Anda. Simak terus berbagai ulasan menarik dari Graha Dalung lainnya.