Dari dulu hingga saat ini, permasalahan rayap masih membuat sebagian orang dibuat kesal karena ulahnya. Banyak orang yang bertanya-tanya kenapa rumah mereka terdapat banyak rayap. Ternyata ada berbagi faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa selama ini rumah anda masih diserang oleh koloni rayap. Perlu anda ketahui juga bahwa jumlah rayap yang menyerang rumah berjumlah puluhan hingga jutaan individu.

Rayap biasanya menyerang perabotan kayu yang anda miliki, mulai dari furniture rumah hingga struktur bangunan yang berasal dari kayu. Ada jenis rayap yang bahkan menyerang kayu yang ada di rumah anda secara diam-diam dan baru diketahui saat kayu sudah keropos dan rusak. Itulah mengapa anda perlu berhati-hati dengan serangga kecil ini, karena bisa menyebabkan berbagai kerugian yang tidak sedikit untuk properti yang anda miliki.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis rayap yang sering ditemukan menyerang rumah, diantaranya adalah rayap kayu kering, rayap kayu basah, dan rayap tanah. Untuk rayap kayu kering inilah yang menyerang perabot rumah dengan mode diam, sehingga anda akan mengetahui bahwa ada rayap setelah perabot kayu rusak dan keropos. Selanjutnya jenis rayap kayu basah yang sering ditemukan pada kayu yang sudah busuk dan masih lembab.

Penyebab rumah banyak rayap, Sumber : indonesiana.id
Penyebab rumah banyak rayap, Sumber : indonesiana.id

Untuk rayap tanah, biasanya mereka akan hidup di tanah lembab dan membuat lubang yang akan dijadikan sebagai sarangnya. Karena ulah rayap-rayap tersebut, maka anda perlu waspada dan berhati-hati. Terlebih untuk anda yang berdomisili di Serang dan sedang membangun rumah atau membeli rumah subsidi Serang, maka pastikan kayu yang digunakan dalam bangunan rumah berkualitas bagus.

Jika kualitas kayu yang digunakan bagus, maka akan meminimalisir kelak saat sudah anda tempati tidak diserang rayap. Karena akan lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Jadi anda akan lebih tenang ketika sudah memastikan kayu yang adadi struktur bangunan rumah terjamin kualitasnya.

Penyebab Rumah Terserang Rayap

Berikut beberapa penyebab yang menjadikan alasan kenapa rumah anda terdapat banyak rayap. Jika anda sudah mengetahui penyebab-penyebabnya akan mudah untuk anda mencegah datangnya rayap lagi. Sehingga anda tidak perlu memusingkan serangan serangga kecil ini.

1. Tidak Menjaga Kebersihan Rumah

Salah satu penyebab rumah terdapat banyak rayap adalah kebersihan rumah yang tidak dijaga. Rumah yang kotor akan menjadi sarang serangga, bahkan bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah. Tidak hanya rayap saja yang suka dengan rumah yang kotor, namun nyamuk bahkan tikus juga akan mulai berdatangan ke rumah. Maka dari itu mulailah membersihkan secara rutin setiap bagian sudut rumah.

Keadaan rumah yang bersih juga akan membuat nyaman dan membuat interior rumah menjadi lebih indah. Jika rumah bersih dan terhindar dari rayap, nyamuk, bahkan tikus akan membuat anda dan keluarga bahagia. Saat kondisi rumah dipenuhi kebahagian tentu saja akan menaikkan imun tubuh, sehingga tubuh anda dan keluarga menjadi lebih sehat dan bugar.

Ilustrasi membersihkan rumah, Sumber : republika.co.id
Ilustrasi membersihkan rumah, Sumber : republika.co.id

2. Kurangnya Ventilasi

Kurangnya akses pertukaran udara yang terjadi di dalam rumah, akan membuat rumah anda lembab. Keadaan rumah yang lembab merupakan salah satu kondisi yang disukai oleh koloni rayap. Pada saat rumah anda dalam kondisi lembab, akan dengan mudah terserang rayap. Ventilasi rumah yang kurang menjadi salah satu pemicu rumah anda terasa lembab dan kurang cahaya masuk.

Dengan adanya ventilasi rumah dapat membantu mengatur sirkulasi udara yang baik. Alhasil ruangan yang ada di dalam rumah tidak akan lembab. Selain itu, cahaya matahari dapat masuk melalui ventilasi-ventilasi yang akan membuat ruangan menjadi hangat dan tidak lembab.

Jendela sebagai ventilasi rumah alami, Sumber : harapanrakyat.com
Jendela sebagai ventilasi rumah alami, Sumber : harapanrakyat.com

3. Penggunaan Kayu yang Kurang Berkualitas

Menggunakan kayu yang kurang berkualitas pada struktur bangunan atau perabotan rumah menjadi salah satu alasan kenapa banyak rayap di rumah. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah datangnya rayap adalah dengan memilih kualitas kayu yang bagus untuk perabotan ataupun struktur bangunan rumah. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya serangan rayap dikemudian hari.

Kadang kala anda akan mendapati perabot kayu yang masih terlihat bagus, namun sudah terserang rayap. Nah itu merupakan salah satu tanda bahwa kayu yang digunakan dalam pembuatan perabotan tersebut memiliki kualitas yang kurang baik. Namun anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah mulai banyak produsen yang membuat perabot kayu dari bahan yang berkualitas sehingga terhindar dari serangan rayap.

Ilustrasi kayu keropos, Sumber : haibunda.com
Ilustrasi kayu keropos, Sumber : haibunda.com

4. Tanah di Sekitar Rumah Subur

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa rayap memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah rayap tanah. Rayap tanah ini bersarang di daerah tanah yang lembab. Ketika bangunan rumah didirikan di atas tanah yang subur, maka ada kemungkinan bangunan akan mudah diserang rayap. Oleh sebab itu anda perlu memberikan sekat untuk membatasi rumah dengan pekarangan.

Tujuannya agar rayap-rayap yang memiliki sarang di bawah tanah ini tidak bisa masuk ke dalam rumah. Namun jika rayap-rayap tersebut sudah terlanjur masuk ke dalam rumah maka anda bisa mengikuti beberapa tips membasmi rayap yang bisa anda lakukan.

Tanah yang subur, Sumber : kompas.com
Tanah yang subur, Sumber : kompas.com

5. Terdapat Rongga di Rumah

Apabila rumah anda di bangun di atas tanah yang subur, maka ada kemungkinan rayap bisa menembus ke dalam rumah. Rayap-rayap tersebut masuk melalui rongga-rongga yang terdapat di beberapa bagian rumah. Nah jadi ketika anda mengetahui ada rongga yang terbentuk di beberapa bagian rumah, maka segeralah memperbaikinya. Supaya rayap-rayap tidak memiliki jalan masuk menuju rumah anda.

Terdapat rongga di bagian rumah, Sumber : masseyservices.com
Terdapat rongga di bagian rumah, Sumber : masseyservices.com

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perumahan subsidi di Serang, anda bisa langsung menghubungi kami melalui kontak yang ada di laman website kami. Terima kasih telah menyimak informasi di atas, ikuti berbagai informasi menarik lainnya hanya di Graha Dalung Residence.