Ketika saat ini anda sedang dalam proses membangun rumah maupun membeli rumah pastikan bahwa rumah tersebut memiliki ventilasi yang baik. Pentingnya ventilasi rumah untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Mengapa demikian? Karena rumah yang tidak memiliki ventilasi dapat meningkatkan risiko terkenanya infeksi pernapasan serta penyebaran penyakit yang dialami oleh sesama penghuni rumah tersebut.

Udara yang segar sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, mulai dari manusia, tumbuhan, hingga hewan sangat memerlukan udara segar. Bukan hanya dari luar rumah saja, udara segar juga dapat anda dan keluarga nikmati dari dalam rumah melalui sirkulasi udara yang biasa kita sebut sebagai ventilasi rumah. Secara garis besar, ventilasi memiliki fungsi untuk mengalirkan udara dari luar rumah ke dalam rumah, begitu pula sebaliknya. Sehingga terjadi pertukaran udara yang segar dan sehat untuk anda hirup.

Bersamaan dengan keluarnya udara dari dalam rumah, ventilasi juga menjadi saluran keluarnya polusi yang berasal dari dalam rumah. Seperti halnya tanaman yang ditanam di sekitar pekarangan rumah dapat membantu membentuk udara yang segar. Harga tanaman hias yang dijualpun amat bervariasi, seperti halnya dengan harga podium minimalis yang digunakannya untuk keperluan kantor, dan lain-lain.

Pentingnya ventilasi rumah, Sumber : grid.id
Pentingnya ventilasi rumah, Sumber : grid.id

Jika anda ingin membeli rumah subsidi Serang maupun kota lainnya, pastikan dahulu apakah rumah tersebut sudah dilengkapi dengan sirkulasi yang baik atau belum. Memiliki rumah dengan sirkulasi udara yang baik tidak selalu mahal, banyak yang menawarkan rumah murah di Serang yang memiliki harga terjangkau. Sebaiknya saat anda sedang memilih-milih rumah lakukan dengan cermat dan teliti.

Fungsi Ventilasi Rumah

Ada beberapa fungsi ventilasi rumah yang penting untuk kesehatan anda beserta keluarga, anda perlu mengetahui mengapa rumah anda perlu diberikan ventilasi udara. Simaklah ulasan yang telah kami rangkum untuk anda di bawah ini.

1. Menghilangkan Bau Pengap Pada Ruangan

Sering menemui rumah anda mengeluarkan bau atau aroma yang pengap? Maka itu adalah salah satu pertanda bahwa ruangan anda lembab. Mengapa ruangan bisa lembab? Karena udara yang ada di dalam rumah tidak dapat keluar maupun sebaliknya udara yang dari luar tidak dapat masuk ke dalam rumah. Itulah sebabnya mengapa rumah anda mengeluarkan bau yang pengap.

Apalagi setelah anda meninggalkan rumah selama beberapa hari dan tidak ada lubang ventilasi lain selain pintu dan jendela, saat anda pulang bau ruangan yang pengappun akan segera menusuk hidung anda.

Ilustrasi ruangan lembab, Sumber : inspirasipagi.id
Ilustrasi ruangan lembab, Sumber : inspirasipagi.id

2. Menjaga Kelembaban

Seperti yang telah anda ketahui di atas bahwa bau pengap merupakan pertanda bahwa rumah anda lembab. Maka dari itu diperlukan ventilasi yang baik untuk dapat mengatur sirkulasi udara agar tidak lembab, sehingga dapat menghindarkan anda dari jamur-jamur dan bakteri yang berbahaya.

jika ruangan yang ada di dalam rumah anda terlalu lembab, maka hal tersebut akan berdampak pada gangguan kesehatan anda beserta keluarga. Dengan kelembaban dan suhu udara yang sesuai akan membuat ruangan anda terasa segar, dan memiliki nuansa yang nyaman sepanjang hari.

Pengukur kelembaban udara, Sumber : moedah.com
Pengukur kelembaban udara, Sumber : moedah.com

3. Mengurangi Risiko Tertularnya Penyakit

Pentingnya ventilasi rumah juga dapat mengurangi risiko tertularnya penyakit di antara keluarga ataupun penghuni rumah tersebut. Contohnya saja seperti saat ini yang sedang memasuki musim pancaroba biasanya daya tahan tubuh seseorang akan menurun yang akhirnya mengakibatkan orang tersebut dengan mudah tertular penyakit.

Untuk mengurangi risiko tertularnya penyakirt antar penghuni rumah ini, maka dibutuhkan adanya ventilasi udara yang baik. Tujuaannya agar udara yang ada di dalam ruangan yang sudah tercampur dengan virus dan bakteri ini dapat keluar. setelah keluar udara di dalam dapat di ganti oleh udara segar yang dari luar.

Ilustrasi orang yang sedang bersin, Sumber : lifebuoy.co.id
Ilustrasi orang yang sedang bersin, Sumber : lifebuoy.co.id

4. Menghemat Energi

Berikutnya adalah menghemat energi, mengapa dengan adanya ventilasi udara dapat menghemat energi? Jawabannya bisa saja. Untuk anda yang sering menggunakan AC atau menyalakan kipas angin dengan alasan udara di dalam panas atau alasan lainnya, maka ventilasi merupakan jawaban untuk dapat mengurangi pemakaian AC maupun kipas angin.

Hal tersebutlah yang dapat menghemat energi, karena dengan andanya ventilasi yang baik maka udara yang ada di dalam rumahpun akan terasa sejuk dan segar. Sehingga anda dapat meminimalisir pemakaian AC atau kipas angin dalam sehari.

Ilustrasi penggunaan AC, Sumber : cvastro.com
Ilustrasi penggunaan AC, Sumber : cvastro.com

5. Menurunkan Konsentrasi VOC

Volatile Organic Compound (VOC) atau yang biasa dikenal dengan senyawa organik ini dapat dengan mudah menguap. VOC banyak ditemukan pada produk-produk pembersih, perabot, cat, dan karpet rumah tangga yang anda miliki di dalam rumah. Dalam konsentrasi tinggi, VOC bisa beracun dan dapat membahayakan kesehatan anda. Tanda dari VOC adalah ketika anda mencium bau yang berasal dari barang-barang rumah tangga.

Oleh sebab itu rumah yang dilengkapi sirkulasi udara yang baik telah terbukti dapat menurunkan konsentrasi VOC yang berbahaya ini, dengan cara membuangnya keluar melalui ventilasi-ventilasi yang ada di rumah anda.

Ilustrasi VOC pada perabot rumah tangga, Sumber : bagsoflove.com
Ilustrasi VOC pada perabot rumah tangga, Sumber : bagsoflove.com

6. Tempat Keluar Masuknya Cahaya

Cahaya matahari sangat banyak manfaatnya, apalagi cahaya matahari di pagi hari dapat membantu menjaga kekebalan tubuh anda tetap baik. Cahaya matahari yang masuk dapat menghangatkan ruangan rumah, apabila di dalam rumah terasa dingin dan lembab. Anda bisa membuka gorden rumah dan membuka jendela anda lebar-lebar agar cahaya matahari dapat masuk dengan sempurna.

Tidak hanya cahaya matahari saja yang masuk, tapi udara segar di pagi hari dapat masuk. Udara di pagi hari terasa segar karena belum tercampur dan terkontaminasi dengan polusi udara dari luar rumah. Jika khawatir soal keamanan saat membuka jendela, cobalah pesan teralis ke bengkel las terdekat sekitar Anda.

Ilustrasi masuknya cahaya matahari, Sumber : arbamedia.com
Ilustrasi masuknya cahaya matahari, Sumber : arbamedia.com

Demikian informasi mengenai pentingnya ventilasi rumah yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Anda juga dapat menyimak artikel lain seputar cara mengatasi rumah yang bocor atau informasi lainnya yang dapat anda akses di laman website Graha Dalung Residence.