Siapapun pasti sudah akrab dengan bangunan yang namanya rumah. Rumah merupakan kebutuhan utama manusia. Meskipun begitu, bagi sebagian orang memiliki tempat tinggal sendiri masih menjadi cita-cita yang sedang dicapai. Namun, apa pengertian rumah yang sebenarnya serta berbagai aspek lain yang perlu diketahui seputar bangunan tempat tinggal ini?

Sejarah Tempat Tinggal Manusia

Rumah merupakan tempat tinggal manusia. Sebelum mengetahui bagaiman pengertian rumah, menarik untuk membahas bagaimana sejarah tempat tinggal manusia dari masa ke masa. Ternyata rumah yang seperti kita lihat saat ini bukanlah pengertian rumah di masa lampau. Tiap masa peradaban berbeda tentang apa yang disebut tempat tinggal.

1. Nomaden

Anggaplah peradaban manusia dimulai sejak masa zaman batu tua. Nah, bagaimana pengertian rumah yang ada pada masa peradaban ini? Bagi manusia yang hidup di zaman ini, tempat tinggal bagi mereka bukanlah sebagaimana tempat yang beratap dan memiliki bangunan.

Lantas apa yang menjadi tempat tinggal di masa ini? Di mana saja manusia zaman batu tua menginjakkan kakinya dan beristirahat, di situlah yang mereka anggap sebagai tempat tinggal alias no maden. Mereka selalu berjalan dan berpindah tidak pernah menetap sama sekali.

Ilustrasi Zaman Batu, sumber : M3sBlog
Ilustrasi Zaman Batu, sumber : M3sBlog

2. Semisedenter

Alasan pola hidup nomaden adalah ketersediaan pangan yang dianggap harus selalu dicari. Nah, sampailah peradaban manusia di zaman semisedenter di mana manusia sudah menempati tempat tinggal tertentu. Pengertian rumah menurut manusia zaman ini adalah goa yang mereka tempati.

Meskipun sudah tinggal untuk beberapa saat, namun goa yang mereka tempati belumlah menjadi tempat tinggal permanen bagi mereka. Pada saat sumber daya alam di area goa tempat mereka tinggal sudah habis, mereka akan kembali nomaden hingga menemukan tempat tinggal yang baru.

3. Sedenter

Sedenter adalah peradaban neolitikum yang merupakan zaman batu baru. Di masa ini manusia sudah mengenal cara bercocok tanam atau memproduksi berbagai kebutuhan mereka dengan memanfaatkan berbagai bahan baku yang ada di alam. Baru di masa inilah pengertian rumah menurut manusia sudah berubah menjadi tempat tinggal di mana mereka menetap dan meskipun harus pergi sesekali namun tetap kembali tempat tinggal yang sama.

Tempat-tempat yang biasa jadi permukiman adalah tempat-tempat yang dekat air, seperti pinggir sungai. Soalnya, tanah di sekitarnya subur, cocok untuk bertanam. Lagipula, di sungai ada berbagai macam ikan dan hewan-hewan lain yang mencari minum. Intinya, sungai atau perairan tawar lainnya adalah sumber penghidupan.

Pemukiman Adat Baduy
Pemukiman Adat Baduy, sumber Good News From Indonesia

4. Masa Pertengahan

Pada masa Pertengahan, peradaban manusia sudah semakin kompleks. Manusia di zaman ini mulai punya beragam kebutuhan dan mengenal proses jual-beli dengan alat tukar. Sehingga di masa ini pengertian rumah adalah hampir sebagaimana sekarang. Namun masih tidak terpisah antara tempat bekerja dan rumah.

Mereka juga mulai memahami konsep “pekerjaan” sehingga banyak rumah terbagi atas dua bagian: bagian bawah buat kerja (menimbun dan mengolah bahan pertanian dan lain-lain) serta bagian atas buat hunian. Memasuki zaman Pencerahan alias Renaissance, peradaban manusia jadi lebih mendekati pola kehidupan yang kita kenal sekarang. Masyarakat mulai membedakan antara tempat kerja dan rumah.

5. Masa Setelah Abad Pertengahan

Masa setelah abad pertengahan adalah masa sejak mulai revolusi industri hingga masa modern hingga saat ini. Di masa ini manusia mulai memisahkan antara tempat bekerja (industri) dan tempat beristirahat. Sehingga di masa ini pengertian rumah adalah tempat tinggal untuk beristirahat setelah menyelesaikan berbagai aktivitas di luar rumah.

Meskipun begitu, setiap masa bukanlah tanpa masalah. Pada masa industrialisasi misalnya, yaitu masa awal perkembangan industri secara pesat, orang-orang bermodal punya pabrik dan punya rumah bagus di tengah kota. Sementara itu, buruh-buruh tergeser hingga pinggiran kota, tinggal di hunian-hunian kecil yang lama-lama jadi kumuh.

Rumah Pada Masa Revolusi Industri, sumber Old House Dream
Rumah Pada Masa Revolusi Industri, sumber Old House Dream

Sedangkan di masa modern lain lagi permasalahannya. Di masa ini dengan beragam bangunan bukan hanya perindustrian, namun juga sekolah, rumah sakit dan lainnya, manusia mulai menemui yang namanya krisis tempat tinggal. Karena ini manusia tinggal bukan lagi di atas tanah pada area lingkungan tertentu, namun ada yang tinggal di atas bangunan lainnya.

Pengertian Rumah

Dengan berbagai perkembangan zaman yang ada, lantas apa pengertian rumah? Karena ternyata dari sejarah kita mengetahui, setiap zaman atau peradaban yang disebut sebagai tempat tinggal selalu berbeda-beda. Nah, bagaimana kita di masa sekarang menyimpulkan hal ini?

Jika dilihat berdasarkan aspek fisiknya, rumah dapat didefinisikan sebagai suatu bangunan tempat kembali dari berpergian, bekerja, tempat tidur dan beristirahat memulihkan kondisi fisik dan mental yang letih dari melaksanakan tugas sehari-hari bagi penghuninya. Sementara itu, apabila ditinjau berdasarkan aspek psikologinya, pengertian rumah itu sendiri adalah sebuah tempat untuk tinggali serta untuk melakukan hal-hal tersebut di atas, dengan tentram, damai, serta menyenangkan bagi penghuninya.

Karena itu, rumah memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penunjang rasa aman (security), yaitu merupakan jaminan bagi penghuninya sebagai tempat yang akan memberikan rasa aman berupa rasa kepemilikan bangunan rumah dan lahan (the form of tenure).
  • Sebagai penunjang kesempatan (opportunity) yaitu merupakan suatu sarana yang dapat dijadikan sebagai penunjang kesempatan bagi yang menempatinya di mana untuk dapat mengembangkan kehidupan sosial budaya dan ekonomi atau fungsi pengemban keluarga.
  • Sebagai penunjang identitas keluarga (identity) yaitu rumah sebagai tempat tinggal juga dimaksudkan supaya penghuni dapat memperlihatkan identitas serta statusnya berdasarkan rumah yang dimilikinya.

Nah, bagaimana, apakah Anda akhirnya memahami pengertian tempat tinggal yang sebenarnya? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Nantikan berbagai informasi lainnya seputar rumah subsidi Serang dan seputar tempat tinggal.