Ada beberapa masalah yang sering kita hadapi saat musim hujan datang, begitu pula dengan solusinya seperti atap rumah yang bocor lalu bagaimana cara mengatasi rumah bocor? Sebelum anda pindah ke rumah baru atau rumah yang baru saja anda beli. Alangkah lebih baiknya anda memastikan bagian atapnya terlebih dahulu untuk meminimalisir atap rumah bocor. Jika terdapat atap rumah bocor, maka anda bisa mengatasinya sebelum pindah ke rumah tersebut.

Jika anda ingin pindah rumah ke daerah Serang, Banten yang memiliki harga yang terjangkau maka anda bisa mencari rumah subsidi murah di serang yang dapat menjadi alternatif pilihan hunian baru anda. Pilih lah perumahan yang memiliki suasana yang nyaman, serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya. Hal yang paling penting berikutnya adalah pilih lah di kawasan yang bebas dari terjangan banjir.

Nah balik lagi ke masalah atap, jika anda mengetahui bahwa atap rumah yang akan anda tinggal terdapat titik bocor maka segeralah mengambil tindakan. Jika anda diamkan saja bisa-bisa saat anda menempati rumah baru, anda dibuat mengeluarkan banyak tambahan biaya untuk menanggulanginya. Apalagi untuk rumah yang bocor bila terjadi di satu titik lama kelamaan akan merembet menjadi beberapa titik. Padahal musim hujan akan berlangsung selama berbulan-bulan.

Mengatasi atap rumah bocor, Sumber : kompas.com
Mengatasi atap rumah bocor, Sumber : kompas.com

Cara Mengatasi Rumah Bocor

Berikut di bawah ini telah kami rangkumkan untuk anda mengenai bagaimana cara mengatasi rumah bocor sebelum anda pindah ke rumah yang baru yang perlu anda ketahui.

1. Pengecekan Ventilasi

Pastikan ventilasi udara yang ada di rumah memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan sirkulasi udara yang baik maka dapat membantu meminimalisir atap rumah cepat keropos. Jika atap rumah anda keropos maka akan memperbesar kemungkinan rumah anda akan mengalami kebocoran saat musim hujan tiba.

Buatlah ventilasi udara yang cukup, anda dapat membuat sebuah jendela atau pun lubang pada sisi atap atau bawah genteng juga bisa, tujuannya agar ruangan dalam kerangka akan atap tetap kering. Anda tidak perlu membuat ventilasi udara yang besar cukup yang sedang saja agar sirkulasi udara tetap lancar.

Ilustrasi ventilasi, Sumber : beritasatu.com
Ilustrasi ventilasi, Sumber : beritasatu.com

2. Pastikan Tidak Ada Pohon Tinggi

Cara mengatasi rumah bocor yang selanjutnya adalah memastikan bahwa di sekitaran rumah anda khususnya di bagian atap tidak ada pohon tinggi yang di takutkan rantingnya dapat mengenai atap rumah anda. Atau memang jika ada pohon besar di sekitaran rumah anda, anda dapat memangkas bagian ranting yang menjulang agar tidak dapat mengenai atap rumah. Apalagi saat musim hujan datang rawan terjadi tiupan angin yang kencang yang di takutkan ranting pohon tersebut jatuh mengenai atap rumah.

Selain itu daun-daun dari pohon tersebut dapat menyumbat jalur air yang mengalir. Jika ingin menanam pohon agar terlihat lebih asri, maka pilihlah tanaman yang memiliki khasiat seperti kitolod obat mata. Tanaman kitolod ini dikenal dapat mengobati berbagai keluhan mata terutama katarak. Jadi lingkungan sekitar rumah anda tetap terlihat asri tetapi juga memiliki banyak khasiatnya.

Ilustrasi pohon, Sumber : hot.liputan6.com
Ilustrasi pohon, Sumber : hot.liputan6.com

3. Bersihkan Bagian Atap

Seperti yang telah di bahas sebelumnya bahwa daun pohon yang bertebaran di atap rumah dapat menyumbat atau menutupi saluran air. Sehingga air yang seharusnya mengalir dengan lancar tidak dapat mengalir dan menggenang di atap yang akan membuat atap anda menjadi lembab dan rawan akan bocor.

Jadi saat akan memasuki musim hujan, sebaiknya anda mengecek bagian atap ini apakah ada tumpukan sampah dari daun pohon yang jatuh dan menumpuk atau tidak. Jika ada sebaiknya segera di bersihkan agar meminimalisir rumah anda bocor saat musim hujan tiba.

Ilustrasi sampah daun, Sumber : medium.com
Ilustrasi sampah daun, Sumber : medium.com

4. Mengganti Atap Yang Rapuh

Langkah selanjutnya dari mengatasi rumah yang bocor adalah dengan mengganti atap rumah yang sudah rapuh, terkadang walau rumah masih baru ada bagian atap yang terlihat sudah rapuh. Atap rumah yang sudah rapuh merupakan salah satu penyebab terjadinya rumah bocor. Atap rumah yang sudah rapuh akan dapat dimasuki air dengan sangat mudah dan akhirnya terjadi kerembesan yang membuat rumah jadi bocor.

Sebelum hal itu terjadi alangkah lebih baiknya anda mengecek dulu sebelum datangnya musim hujan, dan segera mengganti atap yang sudah rapuh agar tidak terjadi kebocoran. Jadi anda sudah melakukan persiapan sebelum hal tersebut dapat mempengaruhi kebocoran di rumah anda.

Ilustrasi atap rumah, Sumber : freethend88.org
Ilustrasi atap rumah, Sumber : freethend88.org

5. Perhatikan Kemiringan Atap

Hal yang dapat menyebabkan rumah anda bocor salah satunya adalah desain dari atap anda dianggap terlalu landai dan dapat menyebabkan kebocoran. Karena air tidak dapat turun langsung ke bawah karena atapnya terlalu landai. Aturlah sudut kemiringan dari atap yang tepat menurut standar yang telah ditetapkan, agar air dapat mengalir dengan baik dan lancar.

Kemiringan atap, Sumber : suara.com
Kemiringan atap, Sumber : suara.com

6. Menggunakan Atap Waterproof

Agar lebih amannya lagi dan untuk mengatasi rumah yang bocor juga anda perlu memasang atau menggunakan atap yang waterproof. Atap waterproof merupakan atap yang dapat melindungi rumah dari air. Jika anda menggunakan atap ini dalam hal pemasangannya juga tidak boleh sembarangan ya. Jika anda asal dalam memasang dan tidak melakukan perhitungan terlebih dahulu nanti hasil akhirnya akan sama saja, dapat membuat rumah anda bocor karena tidak akurat dalam pemasangannya.

Memasang atap rumah, Sumber : gnetindonesia.com
Memasang atap rumah, Sumber : gnetindonesia.com

Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengatasi rumah bocor ketika anda akan pindah ke rumah baru yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Anda juga dapat menyimak artikel lain misalnya saja informasi seputar rumah subsidi Serang atau informasi lainnya yang dapat anda akses di laman website Graha Dalung Residence.