Pada saat membangun sebuah rumah menjadi hunian impian yang layak, pasti akan memerlukan banyak material. Salah satu material yang digunakan tersebut agar rumah menjadi lengkap adalah lantai. Ternyata ada berbagai jenis lantai rumah yang dapat anda pilih dan perlu anda ketahui jenisnya. Lantai-lantai tersebut berfungsi sebagai pelengkap rumah dan juga sebagai hiasan tambahan agar rumah dapat tampil lebih memukau.

Pastikan juga anda memilih lantai dengan bahan yang bersifat aman, kuat, awet, tahan lembab, serta mudah untuk dibersihkan bila terkena noda. Apalagi jika anda memiliki anak yang usianya masih kecil, biasanya lantai menjadi salah satu objek yang cepat kotor karena anak kecil suka bermain hal-hal yang membuat lantai kotor. Hal itu wajar terjadi, anak-anak diusia dini memang membutuhkan permainan yang melatih motorik otak. Misalnya saja ketika anak anda sedang belajar melukis menggunakan cat air, saking semangatnya tidak sengaja cat air tersebut jatuh mengenai lantai.

Ketika anda ingin membeli rumah murah subsidi di Serang, anda dapat mengecek jenis lantai yang digunakannya. Bisa juga saat anda ingin membangun rumah, anda dapat memilih sendiri lantai apa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Selain melihat lantai, memastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik juga diperlukan untuk menjaga kesehatan anda beserta keluarga.

Jenis lantai rumah, Sumber : bambideal.id
Jenis lantai rumah, Sumber : bambideal.id

Macam-Macam Lantai Rumah

Di bawah ini kami akan membahas mengenai jenis lantai rumah yang perlu anda ketahui, agar dapat anda sesuaikan dengan ruangan yang ada di rumah dengan konsep interiornya. Anda dapat mengetahui bahan apa saja yang cocok anda pilih sebagai lantai di rumah anda.

1. Tegel Atau Ubin

Seiring perkembangan zaman, saat ini tegel atau ubin ini sudah mulai mengalami perkembangan. Tegel sekarang ini memiliki warna yang lebih beragam serta dapat dikombinasikan dengan berbagai variasi lantai keramik agar terlihat tidak monoton dan membosankan. Bahkan saat ini, banyak orang yang berminat untuk menggunakan tegel, karena dianggap dapat disesuaikan dengan konsep interior yang berkesan vintage dan menunjukkan kesan yang bernuansa masa lalu.

Pada zaman dulu, tegel merupakan lantai yang terbuat dari campuran semen dan pasir ini hanya memiliki satu pilihan warna yaitu abu-abu tua. Maka dari itu untuk saat ini jika tegel tidak memiliki perkembangan akan terlihat monoton. Anda dapat melihat tegel yang digunakan pada zaman dulu di rumah-rumah tua yang ada di Indonesia, karena masih banyak yang menggunakan tegel atau ubin ini sebagai lantai di rumah.

Tegel atau ubin, Sumber : antikpisan.blogspot.com
Tegel atau ubin, Sumber : antikpisan.blogspot.com

2. Kayu

Jenis lantai rumah selanjutnya adalah kayu. Lantai kayu ini masih banyak digunakan oleh sebagian orang untuk dijadikan salah satu lantai pada ruangan yang ada di rumahnya. Lantai kayu ini dibagi menjadi tiga tipe, yaitu finished hardwood floor, unfinished hardwood floor, kemudian kayu laminate. Ketiga jenis itu menggunakan jenis material kayu yang sama, jadi dari segi kelebihan serta kekurangannya juga sama tidak ada yang berbeda diantara ketiganya.

Lantai kayu tahan akan perubahan suhu udara pada ruangan, sehingga ketika anda menginjaknya akan terasa nyaman. Agar lantai kayu awet dari goresan serta tidak mudah keropos, maka gunakanlah pelapis untuk menjaganya tetap awet. Desain dari lantai kayu ini memiliki kesan yang hangat serta alami, sehingga cocok sekali bila diaplikasikan pada ruangan bersantai misalnya saja arah menuju kolam ikan atau gazebo belakang rumah.

Lantai kayu, Sumber : Pinterest
Lantai kayu, Sumber : Pinterest

3. Vinyl

Lantai vinyl ini hampir mirip dengan wall sticker, jika anda merasa bosan dengan desain lantai vinyl tersebut maka anda dapat melepas dan menggantinya dengan desain yang lainnya. Pemasangan lantai vinyl juga cukup mudah dan sederhana, sehingga anda dapat melakukannya sendiri. Untuk perawatannya juga tergolong cukup mudah untuk dibersihkan, hampir mirip dengan lantai keramik.

Lantai vinyl ini merupakan salah satu jenis lantai yang praktis serta mudah untuk dipakai. Untuk mengubah tampilan ruangan sesuai dengan kebutuhanpun dirasa akan sangat mudah bila menggunakan lantai jenis ini. Pada bagian bawah lantai vinyl terdapat lem perekat yang mudah untuk direkatkan pada lapisan plesteran maupun lantai keramik yang ingin anda pasang. Anda dapat menyesuaikan desain lantai ini dengan furniture interior yang anda miliki.

Lantai vinyl, Sumber : wallpapertip.com
Lantai vinyl, Sumber : wallpapertip.com

4. Keramik

Jenis lantai selanjutnya ialah keramik, keramik terbuat dari tanah liat yang pembuatannya dengan cara dibakar dengan suhu tertentu. Setelah itu dilapisi dengan lapisan glasur yang membentuk tekstur, warna, serta pola yang unik dari keramik. Karena terbuat dari tanah liat, oleh sebab itu keramik tidak dapat meneruskan panas. Sehingga ruangan dan lantai akan terasa lebih sejuk.

Keramik ini merupakan jenis lantai yang cukup digemari dan banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Alasannya karena keramik memiliki banyak pilihan warna, bentuk, pola hingga tekstur. Oleh sebab itu keramik kian populer digunakan oleh sebagian besar masyarakat khususnya di Indonesia.

Lantai keramik, Sumber : bermutu.id
Lantai keramik, Sumber : bermutu.id

5. Marmer

Marmer merupakan jenis batuan yang terbentuk dalam kurun waktu lama pada ratusan tahun yang lalu dan tidak dapat diperbaharui. Maka tidak heran bila harganya terbilang cukup mahal di pasaran. Selain itu lantai jenis ini memiliki kelebihan dari desain motif serta warna yang bervariasi, dari segi polanyapun juga menyambung. Lantai marmer juga sangat kuat untuk menahan beban berat serta tahan terhadap api.

Lantai jenis ini memiliki kesan yang mewah dan elegan bila diaplikasikan di rumah. Namun perlu diingat bahwa lantai jenis marmer ini memiliki kekurangan, yaitu kurang cocok dipakai di luar ruangan. Karena lantai marmer mudah berjamur serta dapat dengan mudahnya memudar jika sering terkena sinar matahari.

Lantai marmer, Sumber : sayaajarkan.com
Lantai marmer, Sumber : sayaajarkan.com

Itu tadi informasi mengenai jenis lantai rumah yang perlu anda ketahui. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda serta menambah wawasan. Anda juga dapat menyimak artikel lain seputar tips merenovasi rumah atau informasi lainnya yang dapat anda akses di laman website Graha Dalung Residence.