Dari berbagai jenis hunian yang pernah ada, rumah tunggal adalah salah satu jenis hunian yang memiliki manfaat khusus. Rumah tunggal biasanya disebut juga villa dan mungkin banyak orang yang lebih familiar dengan sebutan villa. Nah, sebenarnya apa perbedaan villa dengan berbagai jenis hunian lainnya?

Mungkin Anda pernah mendengar gaya hidup orang-orang terkenal salah satunya adalah mereka memiliki villa. Nah, sebenarnya jika dilihat dari fungsinya, jenis hunian ini bukan hanya seputar gaya hidup mewah saja, tetapi ada manfaat tertentu. Apa sebenarnya manfaat tinggal di jenis hunian yang satu ini?

Informasi Seputar Villa

Villa merupakan jenis hunian yang juga disebut rumah tunggal. Berbeda dengan jenis hunian lainnya seperti rumah tapak, yaitu rumah pada umumnya atau rumah kota yang sering disebut perumahan, rumah tunggal biasanya jauh dari keramaian dan keberadaannya tunggal di area tertentu. Rumah tunggal ini dimanfaatkan untuk tujuan khusus.

Villa, sumber : Knight Frank
Villa, sumber : Knight Frank

Rumah tunggal memiliki tujuan sebagai tempat peristirahatan. Misalnya bagi siapa saja yang masuk usia pensiun dan ingin beristirahat total. Namun saat ini, villa juga digunakan sebagai salah satu hunian sementara seperti bagi wisatawan di tempat-tempat khusus. Berbeda dengan home stay atau penginapan biasa yang berada bersama hunian lainnya.

Contoh Villa di Indonesia salah satu nya ialah ialah Villa Kota Bunga Puncak yang terletak di puncak bogor, Villa Lembang yang terletak di lembang bandung, Villa Bali yang sangat terkenal sampai seluruh dunia yang menjadi tujuan utama turis sebagai tempat peristirahatan. Lokasinya berada di puncak yang berhawa dingin atau pulau yang hampir privat yang jauh dari keramaian.

Karena harganya yang relatif mahal, biasanya hanya orang pengusaha dan ekskutif mapan yang membeli villa tersebut untuk rekreasi keluarga bersama saudara-saudara serta banyak dijadikan sebagai rumah kedua disaat ingin beristirahat dari hiruk pikuk. Villa juga banyak yang disewakan bagi yang ingin beristirahat tetapi tak memiliki villa pribadi.

Villa yang banyak diminati adalah yang mempunyai sistem keamanan dengan penjagaan gerbang atau sistem cluster sehingga privasi dan keamanan pemilik villa terjamin serta dapat menikmati pemandangan dan hawa yang sejuk dengan nyaman.

Villa-villa banyak yang menyediakan fasilitas hiburan seperti taman bermain anak-anak, danau pemancingan, taman-taman yang indah, fasilitas olahraga dan sarana rekreasi, serta memiliki peralatan dalam villa yang lengkap layak nya rumah anda.

Pembangunan villa banyak berkembang di daerah puncak dan kawasan pegunungan lainnya dikarenakan iklimnya yang sejuk dan berhawa segar namun dekat oleh perjalanan mobil dari ibu kota. Di daerah puncak terkenal dengan hawanya yang sejuk, iklim matahari nya yang hangat, jauh dari kebisingan serta ketenangan alamnya yang indah.

Villa, sumber Villanovo
Villa, sumber Villanovo

Tips Memilih Villa Untuk Berliburan

Jika Anda ingin berliburan ke suatu kota yang dikenal dengan alamnya yang asri, villa bisa menjadi alternatif tempat tinggal sementara Anda. Namun saat ini, daerah tropis seperti pantai juga terdapat villa meskipun lebih cocok jenis hunian seperti resort. Jika Anda akan berliburan ke villa, apa tips yang Anda perlukan?

1. Lihat Rekomendasi

Sebenarnya, rekomendasi bisa menjadi tips untuk berbagai hal yang menyangkut liburan termasuk memilih villa sebagai hunian. Semua orang terutama yang masih belum begitu mengenal tujuan liburan mereka tidak mau coba-coba dengan kebutuhan akan tempat tinggal sementara ini. Nah, solusinya adalah melihat berbagai rekomendasi.

Anda bisa mencari rekomendasi langsung jika memiliki relasi yang sudah pernah merasakan menginap di villa untuk liburan mereka. Namun Anda juga bisa mencari berbagai rekomendasi secara online. Ada berbagai website yang berisi review villa dimana orang-orang menceritakan pengalaman mereka saat merasakan menginap di villa tertentu.

2. Carilah Lokasi yang Tepat

Hal yang perlu Anda pastikan selanjutnya adalah lokasi keberadaan villa. Jika Anda memanfaatkan villa untuk tempat istirahat sekaligus berwisata, penting untuk mencari lokasi villa yang sejalan dengan berbagai tujuan wisata Anda. Meskipun begitu, villa berada di lokasi yang jauh dan merupakan rumah tunggal. Sehingga Anda tidak bisa berekspektasi sebagaimana hotel atau penginapan lainnya yang berlokasi di pusat keramaian atau berdampingan dengan berbagai bangunan lainnya.

Villa, sumber Forbes
Villa, sumber Forbes

3. Pastikan Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Jika Anda menginap di villa dan ingin menggunakannya sebagai tempat peristirahatan, carilah villa dengan fasilitas memadai. Biasanya, selain tempat menginap, terdapat juga sekaligus tempat berolahraga, tempat bersantai dan fasilitas restoran di dalamnya. Fasilitas ini memang sebaiknya dipastikan agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Pilih Harga yang Realistis

Hunian jenis villa ini memang lumrah berharga tinggi. Tujuan keberadaannya memang untuk menyediakan berbagai layanan lebih dari hotel atau tempat menginap jenis lainnya. Namun, meskipun berharga tinggi, pastikan harganya masih realistis. Harga realistis ini bisa dilihat dari harga penawaran dan berbagai hal yang bisa Anda dapatkan.

5. Jaga Privasi Anda

Salah satu keunggulan villa adalah Anda bisa memilih untuk menjaga privasi Anda. Tidak sebagaimana tempat hunian lainnya. Sehingga, dengan memaksimalkan privasi, Anda bisa lebih tenang menikmati berbagai aktivitas Anda seperti beristirahat. Bahkan jika Anda menggunakan jasa pelayan di villa, privasi Anda juga harusnya tetap terjaga.

Nah, itu dia berbagai informasi seputar villa yang menarik dan bisa Anda jadikan referensi. Nah, apakah Anda akan memilih villa sebagai tempat menginap selama berliburan? Semoga informasi ini bisa membantu Anda ya. Simak terus berbagai informasi bermanfaat lainnya di Graha Dalung Residen.