Tinggal di apartemen mungkin terdengar asing bagi penduduk yang tinggal di luar perkotaan. Bahkan seolah tinggal di apartemen merupakan kemewahan yang jarang dirasakan oleh penduduk di luar perkotaan. Namun jika melihat faktanya, apakah apartemen selalu mewah? Apakah ternyata biaya hidup di apartemen sama dengan biaya hidup di rumah milik sendiri?

Bagi penduduk perkotaan, sepertinya tinggal di apartemen adalah pilihan yang mungkin tidak terelakkan lagi. Lantas bagaimana fakta dan informasi seputar tinggal di apartemen yang perlu diketahui? Simak informasinya dibawah ini.

Berbagai Jenis Hunian

Ada berbagai jenis hunian atau tempat tinggal yang dihuni oleh manusia. Jika Anda hanya mengetahui rumah saja, Anda perlu memperkaya informasi seputar ini. Karena dengan mengetahuinya, Anda akan mengerti tujuan atau manfaat dari berbagai hunian. Termasuk mengapa harus memilih tinggal di apartemen untuk area perkotaan. Berikut berbagai jenis hunian yang pernah ada.

Apartement, sumber : Equity Residential
Apartement, sumber : Equity Residential

1. Rumah Tapak

Rumah tapak adalah apa yang sehari-hari kita sebut dengan rumah. Di atas lahan tanah pribadi dibangun rumah dengan berbagai ruang kemudian dikelilingi pagar atau tidak dan terpisah dengan rumah milik orang lain. Rumah tapak ini masih banyak terdapat di area yang jarang penduduk seperti desa dan perkampungan.

2. Rumah Kopel

Rumah kopel dilihat dari bahasanya adalah rumah pasangan. Maksudnya bangunan rumah ini terlihat seperti sebuah bangunan namun sebenarnya terdiri dari dua (sepasang) rumah. Bisa berpasangan dengan berhadapan saling berlawanan, artinya memiliki dinding belakang rumah yang sama. Bisa juga memiliki satu dinding yang berdampingan kanan dan kiri menghadap ke arah yang sama. Rumah kopel ini biasanya dapat dilihat pada komplek perumahan.

3. Rumah Kota

Rumah Kota (Town House) adalah yang sering kita sebut sebagai komplek perumahan. Bangunan rumahnya dibangun dengan berdampingan secara keseluruhan. Tidak hanya sepasang, bahkan dalam satu lingkungan tampak seperti satu dinding panjang yang dibangun rumah bergandengan dan berderet satu sama lainnya. Kebanyakan jenis hunian seperti ini ditemukan pada sebuah lahan di area perkotaan.

4. Rumah Tunggal

Rumah Tunggal adalah hunian yang sifatnya individual seperti tempat peristirahatan bahkan tempat pengasingan namun sebagai tempat tinggal. Biasanya, orang-orang yang di masa mudanya bekerja keras berusaha membuat tempat peristirahatan untuk masa pensiun atau masa tuanya. Mereka membeli tanah di tempat terpencil bahkan hutan dan membangun rumah yang besar. Kita pasti pernah mengenal bangunan seperti villa di perbukitan, bungalow di area pantai, mansion, cottage dan lain-lain.

5. Rumah Susun

Rumah susun dirancang sebagai bangunan tempat tinggal yang dapat memuat banyak hunian namun didirikan di lahan yang luasnya terbatas. Sehingga bangunan ini menjulang ke atas. Di Indonesia atau negara padat penduduk lainnya seperti China, Hongkong dan Singapore terdapat banyak rumah susun. Di Eropa di area perkotaannya terdapat juga bangunan seperti ini namun dinamakan sebagai flat.

6. Cluster

Cluster merupakan lingkungan perumahan yang didalamnya terdapat jenis hunian yang seragam baik jenis rumah kota, rumah kopel ataupun rumah tapak. Perbedaannya adalah fasilitas yang terdapat pada lingkungannya. Cluster biasanya merupakan perumahan yang dibangun beserta fasilitas tempat perbelanjaan, taman bermain, tempat ibadah bahkan sekolah.

Perumahan, sumber : Radio Idola Semarang
Perumahan, sumber : Radio Idola Semarang

7. Apartemen

Apartemen adalah versi mewah dari rumah susun. Konsepnya tetap berupa bangunan bertingkat yang tidak menggunakan lahan yang lebar. Selain memang hunian yang ada lebih luas dan lebih canggih daripada rumah susun, berbagai fasilitas lingkungan-pun sudah termasuk dalam satu bangunannya. Apartemen memang tempat tinggal orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Pada apartemen terdapat tingkat bangunan yang khusus terdapat fasilitas seperti tempat belanja, pusat kebugaran serta fasilitas lainnya.

Tinggal di Apartemen

Lantas apa saja informasi yang perlu diketahui seputar tinggal di apartemen? Karena dari berbagai jenis hunian yang pernah ada, tinggal di apartemen memang akan berbeda dengan tinggal di jenis hunian lainnya. Berikut informasinya.

Biaya Hidup di Apartemen

Biaya hidup di apartemen akan berbeda dengan biaya tinggal di rumah biasa. Apartemen memiliki pengelolaan terpusat yang membutuhkan berbagai biaya. Biaya yang relatif sering menjadi kebutuhan yang harus dikeluarkan penghuni adalah biaya maintenance, biaya fasilitas gedung, biaya parkir dan biaya lainnya.

Apakah menghuni rumah di lingkungan perumahan juga membutuhkan biaya-biaya ini? Biasanya relatif tidak sama. Perumahan biasanya dikelola oleh penghuninya masing-masing. Sedangkan biaya untuk lingkungan seperti kebersihan dan keamanan akan disepakati antar pemilik rumah dalam satu lingkungan perumahan subsidi Serang.

Biasanya orang yang tinggal di apartemen memiliki penghasilan bulanan diatas 5 juta per bulannya. Seluruh biaya untuk tinggal di apartemen biasa diperkirakan berkisar hingga 3 juta per bulannya. Namun dengan biaya ini, Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas apartemen yang mungkin tidak ada jika tinggal di jenis hunian lainnya.

Ilustrasi Biaya Hidup di Apartemen, sumber : Kompasiana
Ilustrasi Biaya Hidup di Apartemen, sumber : Kompasiana

Pilihan Lokasi Apartemen

Untuk lokasi apartemen berbeda dengan lokasi rumah di perumahan. Bahkan perbedaannya dapat dikatakan jauh. Rumah di perumahan diatur untuk hidup berdamping dengan masih menyatu dengan lingkungan alam luar rumah. Sedangkan apartemen, lokasi yang bisa Anda pilih adalah lantai bawah, lantai tengah atau lantai atas gedung.

Diantara pilihan lokasi apartemen baik lantai bawah, lantai tengah maupun atas ada sedikit perbedaa. Misalnya, tinggal di lantai bawah apartemen cenderung dekat dengan akses keluar masuk apartemen. Hal ini bisa saja diinginkan sebagian orang, namun bisa saja tidak karena alasan keamanan misalnya. Begitu juga untuk pilihan lokasi lainnya.

Itu dia sedikit informasi seputar tinggal di apartemen yang perlu diketahui. Semoga informasi ini dapat memberikan tambahan informasi untuk Anda. Simak terus informasi seputar tempat tinggal, rumah dan hunian lainnya di grahadalungresidence.com.