Desain rumah minimalis juga cocok untuk dijadikan pilihan pada furniture interior rumah. Interior minimalis menjadi pasangan yang tepat agar konsep minimalis semakin lengkap terasa. Apa saja furniture untuk interior rumah minimalis yang perlu ada? Mari simak lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan desain interior serta apa itu konsep minimalis.

Interior Rumah

Interior rumah adalah berbagai komponen baik fisik maupun non fisik (seperti konsep) yang menjadi bagian dari tata ruang bagian dalam rumah atau bangunan. Karenanya setiap orang memilih komponen apa saja yang diinginkannya untuk melahirkan ruangan dalam rumah yang menyenangkan baginya. Salah satu komponen tata ruang yang merupakan bagian dari interior rumah adalah furniture.

Konsep desain interior ternyata sudah dikenal sejak zaman prasejarah, walaupun dalam bentuk yang lebih sederhana. Berbagai hunian manusia purba menunjukkan buktu-bukti adanya dekorasi, seperti tanaman, lukisan, kulit hewan, dan susunan ranting. Jadi, interior rumah yang ditemukan saat ini hanyalah konsep desain yang lebih maju namun berasal dari masa lalu di mana manusia sudah memiliki konsep tata ruang dalam rumahnya tersendiri.

Sebagai contoh, bangsa Mesir Kuno menunjukkan pengetahuan desain interior yang hebat dan bahkan masih relevan pada masa kini. Selain dekorasi buatan sendiri seperti gerabah dan tenunan, desainer Mesir Kuno bahkan telah mengenal jenis-jenis sambungan perabot modern, seperti dovetail, tenon, dan mortise. Hal-hal seperti ini mungkin telah menjelma menjadi furniture interior rumah yang kita kenal sekarang.

Ruangan Minimalis, sumber : Pinterest
Ruangan Minimalis, sumber : Pinterest

Konsep Minimalis

Berbicara tata ruang dalam rumah yang nantinya menjadi interior rumah, menentukan konsep apa yang akan diimplementasikan merupakan langkah awalnya. Setelah mengetahui konsep apa yang dipilih, baru dilakukan upaya untuk menghadirkannya dalam bentuk fisik seperti furniture yang berhubungan dengan konsep yang dipilih dalam hal ini minimalis. Sebenarnya, bagaiaman sih yang menjadi ciri khas sesuatu bisa disebut minimalis?

Ekonomis

Jika Anda memiliki sejumlah uang yang melebihi harga-harga rumah bahkan dapat menjangkau untuk membeli rumah yang besar, apa yang akan Anda lakukan? Sebagaian mungkin akan membeli rumah yang besar karena menganggap mampu. Namun jika prisipnya minimalis akan berbeda.

Meskipun memiliki budget yang cukup untuk memiliki rumah yang besar, Anda masih mempertimbangkan apakah kebutuhan akan tempat tinggal mengharuskan kita memiliki rumah yang besar? Inilah yang dapat dikatakan prinsip minimalis. Mengeluarkan budget sesuai apa yng dibutuhkan. Rumah dengan desain minimalis ataupun sederhana hanya membutuhkan biaya mulai dari merancang, merawat, dan membangun yang biasanya lebih ekonomis dibandingkan rumah besar.

Efektif dan Efisien

Apakah bangunan harus seluas mungkin atau selebar mungkin memanfaatkan luas tanah hingga ke batasnya? Jika menggunakan prinsip minimalis tentu tidak demikian. Prinsip minimalis akan membuat perencanaan sehingga semuanya akan sesuai dengan kebutuhan, tidak lebih dan tidak kurang.

Jumlah ruangan yang dibuat, maka akan semuanya sesuai dengan kebutuhan pakainya. Luas ruangan juga demikian, akan cukup untuk menampung seluruh kebutuhan namun tidak sampai ada space kosong yang tidak terpakai begitu saja. Nah, inilah yang menjadikan lebih efektif dan efisien.

Fleksibel

Dengan model perencanaan minimalis, biasanya apapun termasuk bangunan rumah tidak akan dibuat permanen. Tetapi bangunan rumah akan direncanakan sesuai dengan kebutuhan. Karena kebutuhan setiap orang pasti akan berbeda. Nah, inilah yang dimaksud dengan fleksibel.

Bisa saja, pasangan yang baru menikah misalnya, mempertimbangkan untuk membangun rumah dengan rencana mereka memiliki anak. Setelah melebihi jangkauan karena anggota keluarga yang bertambah, maka rumah masih bisa dikembangkan atau dijadikan sebagai properti yang disewakan bahkan dijual sehingga dapat memberikan keuntungan lebih dari sekedar pernah menjadi tempat tinggal.

Tempat Makan Minimalis, sumber Trendir
Tempat Makan Minimalis, sumber Trendir

Terjangkau

Membangun rumah model minimalis memungkinkan Anda untuk mengeluarkan biaya hanya sesuai kebutuhan Anda. Prinsip minimalis memang memang bertolak belakang dengan prinsip hidup mewah yang terkadang menjadikan pengeluaran diluar kebutuhan seperti pengeluaran untuk hobi atau hiburan.

Mudah

Banyaknya barang yang dimiliki atau dalam hal ini besarnya rumah yang dimiliki tentu akan berkonsekuensi pada besarnya kebutuhan operasional. Atau paling tidak besarnya tanggung jawab untuk merawat bangunannya. Sebaliknya, dengan gaya hidup minimalis, model rumah minimalis akan menjadikan hidup sehari-hari lebih mudah karenan efisien dan ekonomis.

Furniture Interior Rumah Minimalis

Daripada menyebutkan apa saja furniture-nya satu per satu, lebih bermanfaat lagi jika mengetahui konsep furniture minimalis yang cocok untuk interior rumah Anda. Nah, berikut konsep furniture yang sebaiknya dalam dalam interior rumah minimalis.

1. Pilihan Warna Maksimal 2 Jenis

Warna yang dipilih untuk berbagai furniture yang melengkapi interior rumah hendaknya senada dengan ruangan yang ada. Konsep minimalis biasanya tidak menghendaki warna-warni atau banyak warna. Maksimal ada dua warna bahkan satu warna sudah cukup untuk dikatakan sebagai konsep minimalis.

Contoh Ruangan Minimalis, sumber Pen Magazine
Contoh Ruangan Minimalis, sumber Pen Magazine

2. Utamakan Fungsinya

Terkadang, meskipun hanya furniture, kita tidak begitu memperhatikan seberapa besar kebutuhan kita terhadap fungsinya. Tentu saja furniture memiliki manfaat meskipun hanya sebagian hiasan, namun dalam hal ini hiasan bukanlah fungsi yang amat dibutuhkan. Sebaliknya, furniture yang ada dan cukup fungsional seperti lemari misalnya, jika ditempatkan pada posisi yang tepat dapat berfungsi sekalian sebagai hiasan.

3. Pastikan Kualitas dan Pangkas Kuantitasnya

Salah satu contoh furniture ada kursi. Namun berapa banyak kursi yang Anda butuhkan untuk rumah Anda? Padahal banyak landscape dalam ruangan yang bisa dijadikan tempat duduk daripada membeli kursi yang hanya dapat diduduki satu orang saja setiap kursinya. Inilah yang barangkali bisa merepresentasikan memilih kualitas dibandingkan kuantitasnya.

4. Pusatkan Titik Menarik

Tidak perlu ada titik menarik yang menjadi perhatian di setiap bagian ruangan. Bahkan, bila memungkinkan, jadikan titik menarik dalam rumah hanya pada satu titik saja misalkan ruang tamu. Sehingga selain ruang tamu, konsepnya lebih kepada fungsi dan tidak perlu begitu baik untuk menjadi titik yang menarik.

5. Efisiensi Pembiayaan

Terakhir dari konsep furniture rumah minimalis adalah dari segi pembiayaan. Bagaimana caranya, setelah kualitas dan fungsinya, Anda menekan pembiayaan. Namun efisiensi pembiayaan bukanlah penghematan sebesar-besarnya. Lebih kepada jumlah yang dikeluarkan sepadan dengan manfaat yang didapatkan.

Nah itu dia 5 konsep furniture rumah minimalis yang bisa Anda coba. Meskipun tidak memiliki rumah minimalis, namun bisa saja furniture interior rumah konsep ini cocok untuk keinginan Anda. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan simak berbagai ulasan seputar rumah lainnya di halaman rumah subsidi Serang.